Sunday, February 18, 2007

Sholat Lali Menghapus Dosa

عن معاذ بن جبل رضي الله عنه قال : قلت يا رسول الله أخبرني عن عمل يدخلني الجنة و يباعدني عن النار ؟ قال - لقد جئت تسأل عن عظيم وإنه ليسير على من يسره الله تعالى عليه : تعبد الله لا تشرك به شيئاً وتقيم الصلاة وتؤتي الزكاة وتصوم رمضان وتحج البيت , ثم قال : ألا أدلك على أبواب الخير ؟ الصوم جُنة والصدقة تطفئ الخطيئة كما يطفئ الماء النار , وصلاة الرجل في جوف الليل ثم تلا - تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُون*فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونََ - ]السجدة16-17]... ثم قال ألا أخبرك برأس الأمر وعموده وذروة سنامه ؟ - قلت : بلى , يا رسول الله قال " رأسٍ الإسلام , وعموده الصلاة وذروة سنامه الجهاد " ثم قال : ألا أخبرك بملاك ذلك كله ؟ " فقلت ك بلى يا رسول الله , فأخذ بلساني وقال - كف عليك هذا - فقلت : يا نبي الله , و إنا لمؤاخذون بما نتكلم ؟ فقال- ثكلتك أمك , وهل يكب الناس في النار على وجوههم - أو قال - على مناخرهم إلا حصائد ألسنتهم ؟! - رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح

Dari Mu’adz bin Jabal radhiallahu 'anhu, ia berkata : Aku berkata : “Ya Rasulullah, beritahukanlah kepadaku suatu amal yang dapat memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan aku dari neraka”. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab, “Engkau telah bertanya tentang perkara yang besar, dan sesungguhnya itu adalah ringan bagi orang yang digampangkan oleh Allah ta’ala. Engkau menyembah Allah dan jangan menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mengerjakan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan mengerjakan haji ke Baitullah”. Kemudian beliau bersabda : “Inginkah kuberi petunjuk kepadamu pintu-pintu kebaikan? Puasa itu adalah perisai, shadaqah itu menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seseorang di tengah malam”. Kemudian beliau membaca ayat : “Tatajaafa junuubuhum ‘an madhaaji’… hingga …ya’maluun“. Kemudian beliau bersabda: “Maukah bila aku beritahukan kepadamu pokok amal tiang-tiangnya dan puncak-puncaknya?” Aku menjawab : “Ya, wahai Rasulullah”. Rasulullah bersabda : “Pokok amal adalah Islam, tiang-tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad”. Kemudian beliau bersabda : “Maukah kuberitahukan kepadamu tentang kunci semua perkara itu?” Jawabku : “Ya, wahai Rasulullah”. Maka beliau memegang lidahnya dan bersabda : “Jagalah ini”. Aku bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah kami dituntut (disiksa) karena apa yang kami katakan?” Maka beliau bersabda : “Semoga engkau selamat. Adakah yang menjadikan orang menyungkurkan mukanya (atau ada yang meriwayatkan batang hidungnya) di dalam neraka, selain ucapan lidah mereka?” (HR. Tirmidzi, ia berkata : “Hadits ini hasan shahih)

[Tirmidzi no. 2616]

No comments:

Powered By Blogger

Cahaya Islam

Dakwah takkan terhenti ada atau tanpa adanya kita. Bukan dakwah yang membutuhkan kita, tapi sungguh kitalah yang membutuhkan dakwah ini. Sesungguhnya Allah takkan segan untuk menggantikan umat yang mencintai Allah dan Allah mencintai mereka, berlemah lembut terhadap orang mukmin dan bersikap keras terhadap orang kafir, serta tiada gentar sekalipun dengan celaan orang yang suka mencela, yang berperang dijalan Allah, Ia membunuh atau terbunuh.

Suka dan duka dalam meretas jalan dakwah ini takkan pernah menyurutkan derap langkah kita, karena kepuasan takkan didapatlkan hingga karya dituntaskan, dan tiada kenikmatan yang terukir dengan kelelahan selagi menunaikan amanah-amanah kehidupan. Suka akan menjadi sebuah bingkisan kecil yang Allah berikan dan duka akan menjadi suka ketika bersumber dari mata air keikhlasan, karena duka hanyalah goresan-goresan kecil yang mewarnai jalan ini, tanpa warna ini, kita tiada akan pernah ditempa menjadi senjata yang lebih tajam.

Generasi Rabbani laksana ruh baru yang mengalir dalam tubuh umat, mengisi relung kehidupan ini dengan cahaya keindahan islam, menghentakkan segala bentuk kekafiran, mengubur jauh nafsu dan maksiat dan mewarnai dinding kehidupan ini dengan akhlak dan nilai-nilai kebaikan sebagaimana yang telah ditorehkan oleh generasi dambaan umat yakni para sahabat Ra. Akankah mereka terlahir kembali. Akankah singa-singa di siang hari dan bagai rahib di malam hari itu terbangun kembali. Generasi yang merindukan syurga dan tidak terpaut hatinya pada kemilau dunia. Generasi yang menggetarkan hati-hati musuh islam. Generasi yang tidak pernah mati nama mereka dan akan senantiasa harum sepanjang masa.

pesona penciptaan

pesona penciptaan
Allah is Great

Calon Orang Sukses

Hermansyah 18 Mei 1985 Mahasiswa Teknik Elektro Unila Calon Presiden RI Berpikir Besar Bervisi Besar Bernyali Besar Berhati Besar Bervisi Besar Kebesaran Untuk Membangun Umat Allahu Akbaar 3x